Tujuan Gerakan Pramuka Indonesia

Tujuan Gerakan Pramuka Indonesia sebagai organisasi kepanduan tentu jelas sangat penting, seperti setiap organisasi tujuan sangat menentukan prinsip dasar dan metode yang dijalankan pada organisasi tersebut sama halnya dengan Gerakan Pramuka.
Apa Tujuan Gerakan Pramuka?

Lalu apakah Tujuan Gerakan Pramuka Indonesia?
Dikutip dari wikipedia
Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka:
  1. Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani; 
  2. Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.
Sebagai wahana pendidikan nonformal peran pramuka tidak dapat dipandang sebelah mata, lebih lebih pada pengembangan pola pikir, karakter dan tentunya eksplorasi bakat dapat ditemukan dan diasah di Gerakan Pramuka. Jika secara kompleks apa yang diharapkan dari tujuan gerakan pramuka indonesia tercapai maka anak muda sebagai penerus bangsa akan memiliki keterarampilan ekstra diluar pendidikan formal, lebih lebih dalam hal penanaman keterampilan kepemimpinan atau leadership. 
Scout today leader tomorrow, sebuah kutipan yang admin ambil dari tema pelaksanaan jambore daerah aceh beberapa tahun lalu menggambarkan bagaimana sebuah harapan besar dari Tujuan Gerakan Pramuka dalam rangka mempersiapkan calon pemimpin yang siap membangun negeri. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MACAM MACAM TEPUK PRAMUKA

BENTUK KEGIATAN PRAMUKA PENEGAK

TANYA JAWAB PELANTIKAN PRAMUKA PENGGALANG